Program Kelas

A. KELAS REGULER

Kelas reguler adalah yang berstandar nasional dengan menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum ciri khas Sekolah Laboratorium Percontohan UPI dengan mengacu kepada standar pendidikan nasional.

B. KELAS DWI BAHASA

Kelas Dwi bahasa merupakan kelas unggulan dengan menerapkan Kurikulum Sains Internasional, Kurikulum Nasional dan kurikulum ciri khas sekolah. Literasi bahasa (Bahasa Inggris dan Jepang) dengan native speaker yang profesional, serta pembelajaran lapangan berupa sit in di sekolah mitra internasional. Sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki pengalaman serta unggul dalam bidang akademik, sosial dan religi yang mampu berkompetensi di era persaingan global.

Program khusus Kelas Dwi Bahasa:

1. English with Native Speaker

2. English Literacy/Performance

3. English Camp

4. Filed Trip Abroad

C. KELAS TAUHIID

Kurikulum yang diterapkan di kelas Tauhiid SMA Laboratorium Percontohan UPI adalah Kurikulum 2013 sesuai Standar Pendidikan Nasional yang diperkaya dengan kurikulum Diniyah sesuai dengan standar Daarut Tauhiid. Kurikulum dikembangkan dan dirancang sedemikian rupa guna mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa untuk mampu berperan serta secara aktif dan tanggung jawab dalam perubahan dunia namun tetap berpedoman kepada nilai-nilai Al Qur’an dan hadist. Output siswa yang diharapkan dari kelas “KELAS TAUHID” ini yaitu:

a. Salimul Aqidah : Aqidah yang kuat

b. Salimul Ibadah : Ibadah yang baik dan benar

c. Matinul Khuluq : Akhlak yang baik dan kuat

d. Tahfidzul Quran : Hafal Al Qur’an minimal 1 juz

e. Prestasi Akademik

Pola pembelajaran yang diterapkan di kelas Tauhiid ini di bagi dalam 3 jenis;

a. kegiatan belajar mengajar di dalam kelas sesuai dengan Kurikulum 2013 yang berbasis Teknologi informasi dan sesuai dengan standar Kompetensi lulus ujian nasional yaitu belajar di dalam kelas mulai jam 08.20 sampai dengan jam 14.00.

b. kegiatan pembiasaan yang didampingi oleh fasilitator dari Daarut Tauhiid.

c. pembelajaran ekstrakurikuler wajib berupa panahan dan berkuda yang dilaksanakan di eco pesantren Daarut Tauhiid.


1. Struktur Kurikulum

2. Jadwal Kegiatan

3. Program Pembiasaan

Setiap hari kelas tauhiid didampingi oleh 1 orang fasilitator (guru pendamping) yang mengontrol/mengkondisikan peserta didik untuk membiasakan sholat dhuha, sholat duhur dan ashar berjamaah, makan siang bersama, dzikir al-masurat dan pembiasaan TSP (membuang sampah selalu pada tempatnya), BRTT (bersih rapi, tertib) dalam setiap kegiatan baik di dalam kelas atau di luar kelas. Guru pendamping akan mendampingi di pagi, siang dan sore untuk menjamin peserta didik melakukan pembiasaan-pembiasan tersebut. Untuk pencapaian target hafalan peserta didik dilatih terlebih dahulu bagaimana membaca/menghafal Al Qu’ran dengan baik dari segi tajwid/makhorizul huruf baru ke hafalan

Volume jumlah siswa per kelas adalah maksimal 25 orang. Dengan sistem kelas kecil diharapkan tingkat efektifitas pembelajaran lebih optimal. Tingkat kemajuan siswa masing-masing dimonitor oleh seorang wali kelas dari Sekolah Laboratorium serta seorang guru pendamping di Daarut Tauhiid. Wali kelas dan guru pendamping berkewajiban untuk memonitor tingkat perkembangan kemajuan siswa baik secara akademis dan non-akademis.

4. Sistem Penilaian Siswa

Guru-guru melaksanakan evaluasi berkesinambungan terhadap proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran masing-masing mata pelajaran. Kriteria penilaian siswa tidak hanya berdasarkan tingkat ranking di kelas atau sesama siswa tetapi diutamakan mengacu kepada Standar Sekolah yang telah ditetapkan.

Guru-guru mempunyai tanggung jawab untuk menyusun berbagai alat test yang valid guna mengukur ketercapaian siswa berdasarkan target pembelajaran masing-masing mata pelajaran, seperti: kegiatan problem-solving dan investigasi, kegiatan debat, experiment dan analysis.

Peserta didik kelas tauhiid pada saat akhir semester mendapatkan 3 laporan hasil belajar yaitu :

1. Laporan Hasil Belajar Kurikulum 2013

2. Laporan Hasil Belajar Diniyah

3. Laporan Hapalan Al Qur’an


5. Fasilitas

6. Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan yang diharapkan dari kelas “KELAS TAUHID” ini yaitu :

a. Salimul Aqidah : aqidah yang kuat

b. Salimul Ibadah : ibadah yang baik dan benar

c. Matinul Khuluq : akhlak yang baik dan kuat

d. Tahfidzul Quran : Hafal Al Qur’an juz 30 dan minimal 1 juz lainnya.

e. Prestasi Akademik sesuai standar nasional pendidikan

7. Program khusus Kelas Tauhiid:

1. Tahfiz Camp

2. Diklat Karekter Baku

3. Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa)

4. Olahraga Sunnah (Berkuda dan Panahan)